Cara Membuat Hp Anda Sebagai Modem Internet di PC

by Sabtu, Juni 26, 2010 3 komentar
Pada ulasan kali ini, saya ingin berbagi bagaimana caranya menghubungkan hp anda ke pc untuk dijadikan modem, sehingga dengan kata lain anda menggunakan hp sebagai modem untuk internet di layar komputer. Sebenarnya telah banyak sekali artikel2 yang bersangkutan seperti ini tersebar luas di dunia maya, namun tetap saja saya mau berbagi sesuatu hal yang baru. Biasanya orang2 menggunakan PC Suite, tetapi disini tidak, pembuatan modem ini tidak dibutuhkan software apapun, paling minimal adalah driver hp yang bisa anda dapat dari cd sewaktu membeli hp. Langsung saja cara-caranya:

1.Yang pertama sudah pasti, Masukkan colokan hp ke port USB.


2.Siapkan CD Driver hp.
Saat pertama kali anda memasukkan hp anda ke komputer, maka akan muncul pemberitahuan bahwa terdapat Unknown Device di pojok kanan bawah. Untuk mengecek,langsung saja ke :
my computer, klik kanan dan properties - masuk ke bag.hardware - pilih DEVICE MANAGER, maka anda akan menemukan sebuah unknown device disitu, biasanya ditandai warna kuning. Nah, itulah device hp anda.



3.Install driver.
Caranya, masukkan cd driver hp anda (biasanya disertakan di kotak pembelian). Dari device Manager tadi, klik unknown device yang warna kuning tadi, dan pilih Update Driver Software, lalu akan keluar Hardware Update Wizard. Pilih Install from a list or specific location (advance) den next. Kemudian pilih lagi Include this location in the search, maka browse lah ke arah CD di my computer anda. Tunggu beberapa saat. Jika sudah berhasil diinstal, maka di bag. modem akan muncul device hp anda. Sebenarnya, fungsi menginstall driver ini adalah agar komputer anda mengenali hp anda itu sebagai modem.


Sejauh ini, HP anda sudah dikenali sebagai modem. Selanjutnya buat koneksi yang sesuai dengan operator simcard HP anda.... Pastinya hp anda harus sudah tersetting GPRS nya...!!


4.Buat koneksi
Masuk ke Control Panel – Network Connection – liat ke network task disebelah kiri dan pilih CREATE NEW CONNECTION.

5.Settingan username, password, dan dial number diisi di bagian connection sesuai dengan operator sim hp.
Cari di gugel, pasti dapat. Kalau dial number biasanya *99***1# atau *99# atau *777 , antara tiga itu lah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------
6.Ini bagian yang sering bermasalah, yaitu utuk bagian APN. Khusus APN diisinya di bag Device Manager, yaitu di : properties my computer, klik tab hardware, dan klik DEVICE MANAGER. Di bagian modem, pilih yang mana device hp anda dan klik properties. Selanjutnya masuk ke tab advance dan pada kotak isiannya, isi dengan :

at+cgdcont=1,"ip","_ _ _ _"

_ _ _ _= diisi dengan APN operator Sim HP anda. (Huruf kapital/kecil mempengaruhi, jadi isinya harus betul2 pas)

(Untuk no 6 ini) Masalah ini kadang2 muncul di operator tertentu (tidak semua), biasanya sewaktu menghubungkan, di layar hp muncul tulisan : "BERLANGGANAN PAKET DATA TERLEBIH DAHULU" / "SUBSCRIBE TO PACKET DATA FIRST" itu berarti APNnya belum terisi.
-------------------------------------------------------------------------------------------------


"Untuk pilihan operator masuk ke SINI"

"Kalau ada masalah silahkan post ke komentar..."

Irham Kasyful

Author

INTJ. Cherish your life and let's make this world a better place

3 komentar:

  1. thanks bro buat cara-caranya.
    nanti saya coba deh.

    BalasHapus
  2. trms cui.........
    kn qw coba skrng crx.

    BalasHapus
  3. @uchiha setiadi :
    kalau ada yg masih bingung silahkan ditanya disini

    BalasHapus